RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata
Pelajaran : Kimia
Kelas/ Semester :
XI/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 45
menit ( Pertemuan ke 1 )
A.
Standar
kompetensi
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan,
metode pengukuran, serta terapannya
B.
Kompetensi
Dasar
Mengelompokkan sifat-sifat koloid
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Indikator
·
Mengklasifikasikan suspensi kasar,
larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall,
homogen/heterogen, dan penyaringan)
D.
Materi
Pembelajaran Koloid
Sistem Dispers Dan Sistem Koloid
SISTEM DISPERS
A.
|
Dispersi kasar
(suspensi) |
: partikel zat yang didispersikan
berukuran lebih besar dari 100 nm.
|
B.
|
Dispersi koloid
|
: partikel zat yang didispersikan
berukuran antara 1 nm - 100 nm.
|
C.
|
Dispersi molekuler
(larutan sejati) |
: partikel zat yang didispersikan
berukuran lebih kecil dari 1 nm.
|
Sistem koloid pada hakekatnya
terdiri atas dua fase, yaitu fase terdispersi dan medium pendispersi.
Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi.
Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi.
E.
Tujuan
Pembelajaran:
- Siswa dapat menjelaskan sistem dispersi, setelah
diberikan suatu campuran pasir dan air, dan larutan garam dapur.
- Siswa dapat mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan
laritan, koloid, dan supensi dari data hasil pengamatan
- Setelah diberikan 6 jenis zat, siswa dapat
mengklasifikasikannnya ke dalam suspensikasar, larutan sejati dan koloid
dengan benar.
F.
model
pembelajaran
G.
Media
Pembelajaran.
- Buku Kimia kelas XI semester 2
- Papan Tulis, LCD
- Susu, larutan Garam dapur, keju, styrofoam, hand body,
campuran pasir dan air
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
1.
Kegiatan Awal
a.
Membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam
b.
Memeriksa kehadiran siswa
c.
Menyampaikan indikator yang ingin
dicapai
“ Siswa dapat mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan
sejati dan koloid berdasarkan
data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen,
dan
penyaringan)”
2. Kegitan
Inti
a. Mengemukakan
konsep/tema yang akan ditanggapi oleh siswa,
Konsep
yang akan dipelajari yaitu dari Buku Kimia 2 karangan Nana Sutresna hal
291-293 tentang Sistem Dispersi
b. Meminta
siswa menggali dan mengkaji informasi dari literature yang ada
c. Membentuk
kelompok kecil (terdiri dari 2 siswa)
d.
Meminta siswa dalam kelompok kecil
memberi tanda sebanyak mungkin pada bagian bacaan yang tidak dipahami,
kemudian disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan
e. Meminta
2 kelompok kecil bergabung menjadi 1 kelompok (terdiri dari 4 siswa)
f.
Meminta siswa dalam kelompok yang
lebih besar ini untuk membahas pertanyaan/poin-poin yang tidak diketahui yang
telah diberi tanda.
g. Meminta
siswa di dalam kelompoknya untuk menyusun pertanyaan tentang
materi Sistem Dispersi yang belum dapat diselesaikan .
h. Selama
berdiskusi, melakukan observasi keaktifan siswa dalam tugas kelompok.
i.
Meminta dari masing-masing
kelompok mengemukakan pertanyaan tentang materi Sistem Dispersi yang
belum dapat diselesaikan
j.
Meminta kelompok lain untuk menanggapi
(diskusi antar kelompok)
k. Jika
semua kelompok belum bisa menjawab, guru menjelaskan kepada semua siswa.
l.
Memberikan umpan balikan terhadap
apa yang telah dijelaskan sampai siswa mengerti
m. Meminta
siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan.
n. Memberikan
kuis
1. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan sistem dispersi!
2.
Apa persamaan dan perbedaan
antara:
1.
Koloid dan larutan
2. Koloid
dan suspensi
3. Termasuk
ke dalam kelompok campuran manakah campuran-campuran berikut:
1. Larutan
cuka
2. Agar-agar
3. Air
kopi
4. Cat
5. Air
gula
6. Air
kapur
3.
Kegiatan Akhir
a.
Jika masih ada waktu, guru
menjawab pertanyaan yang belum bisa diselesaikan antar kelompok dan jika
tidak ada waktu guru menjadikan pertanyaan itu sebagai tugas di rumah.
b.
Menginformasikan
kompetensi/permasalahan untuk pertemuan berikutnya
c.
Menutup pelajaran dengan
mengucapkan salam
|
Kegiatan Awal
a.
Menjawab
salam
b.
Memperhatikan dan menulis
indikator dari pembelajaran hari ini
c.
Memperhatikan penjelasan Guru
d.
Menggali dan mengkaji
informasi dari literatur yang ada
e.
Masing-masing siswa bergabung
membentuk kelompok kecil
f.
Bersama dengan temannya dalam
kelompok kecil, bekerjasama memaknai wacana, memberi tanda pada bagian
yang kurang/ tidak dipahami, disusun dalam bentuk pertanyaan.
g.
Setelah selesai berdiskusi dengan
kelompok kecil, bergabung dengan kelompok kecil lain membentuk kelompok
besar
h.
Diskusi , saling bertanya dan
saling bertukar informasi dengan anggota kelompoknya
i.
Menyusun pertanyaan tentang
materi yang masih belum dapat diselesaikan/dipahami.
j.
Wakil kelompok menyampaikan
pertanyaan hasil diskusinya dan kelompok lain memberi tanggapan
k.
Siswa memperhatikan
l.
Membuat kesimpulan
m.
Mengerjakan kuis
n.
Siswa menjawab salam
|
5’
10’
10’
5’
10’
5’
15’
10’
5’
10’
5’
|
I. Penilaian
Individu. : Pelaksanaannya melalui penilaian kuis (kognitif)
Kelompok : Pelaksanaannya melalui
penilaian unjuk kerja (performance) yaitu keaktifan kelompok selama kegiatan
diskusi berlangsung dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran
kooperatif.
0 komentar:
Posting Komentar