Rabu, 24 April 2013

Contoh Implementasi Strategi Learning Starts With a Question pada Pembelajaran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran            : Kimia
Kelas/ Semester                   : XI/ 2 (dua)
Alokasi Waktu                    : 2 x 45 menit  ( Pertemuan ke 1 )

A.    Standar kompetensi
Mendeskripsikan sifat-sifat larutan, metode pengukuran, serta terapannya
B.     Kompetensi Dasar
Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
C.    Indikator
·         Mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)

D.    Materi Pembelajaran Koloid
Sistem Dispers Dan Sistem Koloid
SISTEM DISPERS
A.
Dispersi kasar
(suspensi)
: partikel zat yang didispersikan berukuran lebih besar dari 100 nm.
B.
Dispersi koloid
: partikel zat yang didispersikan berukuran antara 1 nm - 100 nm.
C.
Dispersi molekuler
(larutan sejati)
: partikel zat yang didispersikan berukuran lebih kecil dari 1 nm.
Sistem koloid pada hakekatnya terdiri atas dua fase, yaitu fase terdispersi dan medium pendispersi.
Zat yang didispersikan disebut fase terdispersi sedangkan medium yang digunakan untuk mendispersikan disebut medium pendispersi.
E.     Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat menjelaskan  sistem dispersi, setelah diberikan suatu campuran pasir dan air, dan larutan garam dapur.
  • Siswa dapat mengklasifikasikan persamaan dan perbedaan laritan, koloid, dan supensi dari  data hasil pengamatan
  • Setelah diberikan 6 jenis zat, siswa dapat mengklasifikasikannnya ke dalam suspensikasar, larutan sejati dan koloid dengan benar.
F.     model pembelajaran
G.    Media Pembelajaran.
  • Buku Kimia kelas XI semester 2
  • Papan Tulis, LCD
  • Susu, larutan Garam dapur, keju, styrofoam, hand body, campuran pasir dan air
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Alokasi waktu
1.      Kegiatan Awal

a.       Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Menyampaikan indikator yang ingin dicapai
“ Siswa dapat mengklasifikasikan suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan  
data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan
penyaringan)”
2.      Kegitan Inti
a.       Mengemukakan konsep/tema yang akan ditanggapi oleh siswa, 
Konsep yang akan dipelajari yaitu dari Buku Kimia 2 karangan Nana Sutresna hal 291-293 tentang Sistem Dispersi
b.      Meminta siswa menggali dan mengkaji informasi dari literature yang ada

c.       Membentuk kelompok kecil  (terdiri  dari 2 siswa)



d.      Meminta siswa dalam kelompok kecil memberi  tanda sebanyak mungkin pada bagian bacaan yang tidak dipahami, kemudian disusun dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan

e.       Meminta 2 kelompok kecil bergabung menjadi 1 kelompok (terdiri dari 4 siswa)




f.       Meminta siswa dalam kelompok yang lebih besar ini untuk membahas pertanyaan/poin-poin yang tidak diketahui yang telah diberi  tanda.

g.       Meminta siswa di dalam kelompoknya untuk menyusun  pertanyaan tentang materi  Sistem Dispersi  yang belum dapat diselesaikan .


h.      Selama berdiskusi, melakukan observasi  keaktifan siswa dalam tugas kelompok.
i.        Meminta  dari masing-masing kelompok mengemukakan pertanyaan tentang materi Sistem Dispersi  yang belum dapat diselesaikan
j.        Meminta kelompok lain untuk menanggapi (diskusi antar kelompok)
k.      Jika semua kelompok belum bisa menjawab, guru menjelaskan kepada semua siswa.
l.        Memberikan umpan balikan terhadap apa yang telah dijelaskan sampai siswa mengerti
m.    Meminta siswa membuat kesimpulan dari pembelajaran yang telah dilakukan.
n.      Memberikan kuis
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem dispersi!
2.      Apa persamaan dan perbedaan antara:
1.      Koloid dan larutan
2.      Koloid dan suspensi
3.      Termasuk ke dalam kelompok campuran manakah campuran-campuran berikut:
1.      Larutan cuka
2.      Agar-agar
3.      Air kopi
4.      Cat
5.      Air gula
6.      Air kapur
3.      Kegiatan Akhir
a.       Jika masih ada waktu, guru menjawab pertanyaan yang belum bisa diselesaikan antar kelompok dan jika tidak ada waktu guru menjadikan pertanyaan itu sebagai tugas di rumah.
b.      Menginformasikan kompetensi/permasalahan untuk pertemuan berikutnya
c.       Menutup pelajaran dengan mengucapkan salam

Kegiatan Awal
a.       Menjawab salam

b.      Memperhatikan  dan menulis indikator dari pembelajaran hari ini
c.       Memperhatikan penjelasan Guru



d.      Menggali  dan mengkaji informasi dari literatur yang ada
e.       Masing-masing siswa bergabung membentuk kelompok kecil

f.       Bersama dengan temannya dalam kelompok kecil, bekerjasama memaknai wacana, memberi  tanda pada bagian yang kurang/ tidak dipahami, disusun dalam bentuk  pertanyaan.
g.       Setelah selesai berdiskusi dengan kelompok kecil, bergabung dengan kelompok kecil  lain membentuk kelompok besar
h.      Diskusi , saling bertanya dan saling bertukar informasi dengan anggota kelompoknya
i.        Menyusun pertanyaan tentang materi  yang masih belum dapat diselesaikan/dipahami.
j.        Wakil kelompok menyampaikan pertanyaan  hasil diskusinya dan kelompok lain memberi tanggapan

k.      Siswa memperhatikan



l.        Membuat kesimpulan

m.    Mengerjakan kuis







n.      Siswa menjawab salam

5’





 10’






10’





5’



 10’

 5’


 15’





 10’


 5’



 10’





5’
I.       Penilaian
Individu.         : Pelaksanaannya melalui penilaian kuis (kognitif)
Kelompok        : Pelaksanaannya melalui penilaian unjuk kerja (performance) yaitu keaktifan kelompok selama kegiatan diskusi berlangsung dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran kooperatif.

0 komentar:

Posting Komentar

Etiam placerat